Kamis, 05 Februari 2015

Syarat Untuk Menjadi Pramugari

Pramugari memiliki peran yang sangat penting dalam penerbangan komersial, terutama dalam hal pelayanan kepada penumpang. Masing-masing maskapai merekrut pramugari dan kru dengan syarat berbeda. Ada persyaratan yang dinilai masuk akal, ada pula persyaratan yang dianggap tidak biasa. Berikut beberapa syarat menjadi pramugari yang tidak umum di berbagai maskapai:

Qatar Airways
Untuk menjadi pramugari di maskapai ini, seseorang harus memiliki lengan yang dapat menjangkau minimal 213 senti meter dari ujung kaki. Hal ini untuk memungkinkan pramugari dapat menjangkau loker yang ada di atas kepala penumpang. Maskapai ini pernah menuai kontroversi ketika membuat peraturan tidak memperbolehkan pramugari menikah dalam lima tahun pertama dalam kontrak. Qatar Airways pernah memperingatkan kepada pramugarinya yang hamil bahwa mereka tidak dijamin bekerja sebagai staf darat. Akibat peraturan tersebut, Federasi Pekerja Transportasi Internasional meluncurkan kampanye untuk melawan maskapai yang berbasis di Doha ini.

TAM Airlines
Maskapai Brasil ini memberikan jenis pelatihan bertahan hidup di dalam hutan kepada awak kabin mereka. Mereka menggunakan hutan hujan yang berada di belakang pusat pelatihan mereka melatih pramugari cara bertahan saat pesawat mendarat darurat di hutan. Memang lebih dari setengah negara ini memiliki hutan hujan. Mereka diajarkan menggunakan puing pesawat untuk membangun toilet darurat.

Virgin Atlantic
Awak kabin Virgin Atlantic baik perempuan maupun laki-laki harus mengikuti kursus “sekolah pengantin” di dekat Bandara Gatwick. Mereka harus mempelajari aturan perusahaan mengenai penampilan yang mencakup make up. Mereka harus memakai maskara, blus on dan lipstik merah. Namun, maskapai ini memiliki warna lipstik sendiri yang sama persis dengan seragam.

AirAsia
AirAsia memiliki peraturan berbeda dengan yang lain. Mereka mengeluarkan syarat utama usia antara 20 hingga 28 tahun dengan penglihatan sangat baik. AirAsia tidak mengizinkan awaknya memakai kacamata. Namun, banyak berpendapat bahwa penggunaan kontak lensa diperbolehkan.

EasyJet
Maskapai bertarif rendah berbasis di kota London ini tidak memberikan aturan ketat. Tetapi, pelamar harus mampu menginjakkan kakinya ke dalam air setidaknya satu menit.

Ryan Air
Berbeda dengan yang lain, RyanAir mewajibkan awak kabin mampu berenang dengan baik. Mereka meminta agar krunya memiliki tinggi 157 hingga 187 senti meter dengan berat badan proporsional.

British Airways
Beda maskapai, beda pula peraturan yang dibuat. British Airways menggarisbawahi pentingnya penampilan awak kabin setiap waktu. Mereka harus menggunakan stoking berwarna hitam, kemeja disetrika dengan dan harus menggunakan cat kuku berwarna merah atau sangat pucat yang bernuansa alami.

Sumber: lifestyle.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar