Kamis, 18 Agustus 2016

Bandara Sentani Jayapura Kini Sangat Sibuk

Bandara Sentani Jayapura
Bandara Sentani

Selama jangka waktu 7 bulan berjalan berturut-turut di tahun 2016 ini, Bandara Sentani di Jayapura mencatat ada sebanyak 180 hingga 200 kali pesawat take off (lepas landas) dan landing (pendaratan).

Dikutip dari infopenerbangan.com, Kepala Bandara Sentani Agus Prijanto mengungkapkan, waktu operasional Bandara Sentani sehari selama 11 jam. Maka dari 180 hingga 200 penerbangan, rata-ratanya mencapai 18-19 penerbangan per-jam.

Kapasitas Bandara Sentani di koridor 85 yang masih bisa dimanfaatkan masih ada sekitar 10 hingga 15 persen. Karena cuaca di Papua tidak menentu, banyak maskapai yang memilih melakukan penerbangan di pagi hari.

Kepadatan penumpang di pagi hari dikarenakan pada pagi hari ada round time atau golden time yang digunakan oleh maskapai terutama pesawat kecil atau perintis.

Untuk penerbangan pesawat yang berbadan lebar atau kapasitas lebih dari 30 penumpang, kesibukannya diatas jam 12 siang sebagai round time. Jumlah rata-rata penumpang perhari berkisar 2.000 hingga 3.000 penumpang.

Untuk jalur taksi Bandara Sentani Jayapura saat ini hanya ada di bagian Utara, diharapkan pada bagian Selatan segera dibangun jalur taksi.

Program jangka panjang untuk Bandara Sentani Jayapura yakni pembangunan landasan pacu baru karena di sisi lahan Landasan Pacu saat ini masih ada lahan kosong seluas 280 hektare.

0 komentar:

Posting Komentar