Selasa, 23 Agustus 2016

Tahun 2017 Bandara Silangit Bisa Didarati Pesawat Narrow Body

Bandara Silangit
Bandara Silangit
Bandara Silangit yang terletak di Siborong-borong Tapanuli Utara, Sumatera Utara akan bisa didarati pesawat berbadan sedang atau narrow body misalnya sekelas Boeing 737-800 mulai tahun 2017 mendatang.

Dikutip dari indo-aviation.com, Direktur Pelayanan dan Fasilitas Bandara PT Angkasa Pura II, Ituk Herarindri mengungkapkan, pihak Angkasa Pura II saat ini tengah memperpanjang landasan pacu (runway).

Landasan pacu (runway) Bandara Silangit diperpanjang dari yang saat ini 2.250 x 30 meter persegi menjadi 2.400 x 30 meter persegi pada Tahap 1 dan menjadi 2.650 x 45 meter pada Tahap 2.

Untuk Tahap 1 ditargetkan Maret 2017 sudah selesai, sementara untuk Tahap 2 ditargetkan Juli 2017 sudah selesai.

Saat ini, hanya pesawat Boeing 737-500 yang berkapasitas 120 penumpang dan ATR yang bisa mendarat di bandara Silangit. Dengan perpanjangan landasan pacu, nantinya akan lebih banyak penumpang yang bisa dibawa.

Dengan adanya Bandara Silangit, antusiasme penumpang semakin meningkat sehingga calon penumpang tidak perlu melakukan perjalanan darat selama tujuh jam ke Bandara Kualanamu, Medan.

Bandara Silangit tersebut juga menghubungkan ke sejumlah kabupaten di sekelilingnya yang berjarak tempuh hanya dua hingga tiga jam.

Selain perpanjangan landasan pacu, Angkasa Pura II juga tengah melakukan pelapisan dan perkerasan landasan pacu dari 32 centimeter menjadi 42 centimeter lalu untuk apron akan diperluas menjadi 140 x 300 meter persegi.

Maskapai penerbangan yang sudah beroperasi saat ini Bandara Silangit, yaitu Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Susi Air dan Wings Air. Angkasa Pura II juga sedang dalam tahap pembicaraan dengan Lion Air untuk membuka rute ke Silangit.

0 komentar:

Posting Komentar