Senin, 21 April 2014

Akhir April, Rel Ganda Lintas Utara Beroperasi



Jakarta - Jalur ganda rel kereta api lintas utara Pulau Jawa yang menghubungkan Jakarta-Surabaya dipastikan siap beroperasi pada akhir April 2014. Menurut juru bicara Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Muhartono, dari total jalur ganda sepanjang total 727 kilometer, hanya 8 kilometer yang belum siap 100 persen. (Baca : Double Track Kereta Lintas Jawa Rampung Maret)

Muhartono mengatakan jalur Bojonegoro-Babat sepanjang 35 kilometer baru mulai dioperasikan pada 17 April 2014. Adapun rel sepanjang 20 kilometer yang menghubungkan Kandangan-Duduk dioperasikan mulai hari ini, Senin, 21 April 2014. “Menyusul 24 April nanti jalur Babat-Duduk sepanjang 40 kilometer juga dioperasikan,” katanya kepada Tempo. (Baca juga : Juni, Rel Jalur Ganda di Utara Jawa Beroperasi)

Jalur sepanjang 624 kilometer yang menghubungkan Jakarta-Bojonegoro sudah resmi beroperasi pada 26 Maret 2014. Namun Muhartono belum bisa memastikan jadwal operasi sisa jalur rel ganda sepanjang 8 kilometer yang menghubungkan Kandangan-Pasar Turi Surabaya. “Masih harus menggantikan lahan milik masyarakat yang terpakai. Tapi tidak luas juga,” ujarnya. (Baca : Rel Ganda Dilengkapi Terowongan 600 Meter )

Pada 26 Maret 2014, jalur ganda rel kereta api lintas utara yang menghubungkan Jakarta-Surabaya telah aktif sepanjang 624 kilometer. Jalur itu menghubungkan Jakarta dengan Bojonegoro. Menurut Direktur Utama Kereta Api Logistik Budi Noviantoro, lembaganya siap melayani angkutan barang setelah jalur ganda rel beroperasi. “Pertumbuhan angkutan barang di Pulau Jawa ini sangat bagus ke depannya,” katanya kepada Tempo di kantornya.







Sumber : tempo.co

0 komentar:

Posting Komentar