Senin, 09 Januari 2017

Terminal Baru Bandara Husein Sastranegara Bandung

Terminal Baru Bandara Husein Sastranegara
Terminal Baru

Terminal Baru Bandara Husein Sastranegara Bandung resmi dioperasikan oleh Angkasa Pura II mulai tanggal 6 Januari 2017. Terminal baru itu untuk melayani penerbangan internasional di Bandara Husein Sastranegara.

Sebelumnya pada tanggal 6 April 2016 terminal baru di Bandara Husein Sastranegara ini juga telah dioperasikan untuk penerbangan domestik. Terminal baru ini mampu menampung hingga 1 juta penumpang pesawat per tahun.

Beroperasinya terminal domestik dan internasional yang baru maka Bandara Husein Sastranegara kini memiliki kapasitas total 3,4 juta penumpang per tahun, sebelumnya hanya 600.000 penumpang per tahun.

Pengguna jasa dan masyarakat yang pertama kali berkesempatan merasakan kenyamanan dan berbagai fasilitas baru di terminal baru untuk rute internasional ini adalah penumpang AirAsia nomor penerbangan AK 417.

Penerbangan AirAsia AK 417 tujuan Kuala Lumpur berangkat pukul 08.30 WIB. Selain itu ada lagi AirAsia nomor penerbangan QZ 365 tujuan Singapura berangkat pukul 08.35 WIB.

Angkasa Pura juga telah berkoordinasi dan melakukan simulasi uji coba terminal internasional baru ini dua minggu sebelum dilakukannya soft operation bersama dengan berbagai stakeholder bandara.

Terminal internasional baru ini mengusung konsep eco-airport yang modern dengan perpaduan citarasa budaya lokal, yaitu konsep arsitektur bentuk atap terdiri dari atap Julang Ngapak khas provinsi Jawa Barat.

Desain interior keseluruhan terminal pun juga mendapat sentuhan khusus dari Walikota Bandung Ridwan Kamil sehingga meningkatkan estetika bandara kebanggaan kota Bandung sebagai Ibukota provinsi Jawa Barat.

Fasilitas pelayanan juga ditingkatkan sesuai dengan standar Skytrax antara lain seperti disediakannya nursery room, quiet room, free charging terminal, free internet & wifi, serta fasilitas penyandang disabilitas.

Total investasi yang dikeluarkan Angkasa Pura II untuk pembangunan terminal domestik dan internasional yang baru serta fasilitas di Bandara Internasional Husein Sastranegara adalah Rp 177 miliar.

Dikutip dari infopenerbangan.com, Director Operation Angkasa Pura II Djoko Murjatmodjo mengungkapkan, pihaknya berterima kasih atas dukungan dan doa dari seluruh pihak sehingga soft operation terminal baru ini berjalan lancar.

Sisi fasilitas pelayanan, terminal baru ini memiliki 10 counter check-in untuk penerbangan internasional dan sistem penanganan bagasi Automatic Baggage Conveyor terbaru untuk mempermudah serta mempercepat pengambilan bagasi.

Angkasa Pura II optimistis terminal baru ini akan mampu menarik minat maskapai untuk membuka rute internasional guna mendukung pertumbuhan pariwisata di Jawa Barat khususnya Bandung, serta Indonesia secara umum.

Bandara Husein Sastranegara saat ini melayani 40 penerbangan internasional per minggu dan 64 penerbangan domestik per hari.

Maskapai yang telah membuka penerbangan dari dan ke Bandara Husein Sastranegara adalah AirAsia, Lion Air, Citilink, Kalstar, Nam Air, Xpress Air, Wings Air, Malindo Air dan Silk Air.

0 komentar:

Posting Komentar