Senin, 18 Agustus 2014

Bandara Sultan Hasanuddin Mampu Tampung 25 Juta Penumpang

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang berada di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, terus melakukan pembenahan dan perluasan. Dengan program perluasan terbaru, Bandara Sultan Hasanuddin ditargetkan bisa menampung hingga 25 juta penumpang per tahun.

Direktur Utama Angkasa Pura I Tommy Soetomo mengungkapkan bahwa Bandara Sultan Hasanuddin didesain delapan tahun yang lalu dengan kapasitas 7,5 juta penumpang per tahun. Namun faktanya, bandara ini kini sudah dilalui sekitar 10 juta penumpang setiap tahun. “Bandara ini didesain 8 tahun yang lalu untuk 7,5 juta penumpang. Namun untuk saat ini pengguna jasa bandara sudah bisa mencapai 10 juta orang. Makanya kami kembali merancang untuk perluasan area bandara hingga bisa mencapai 25 juta penumpang,” kata dia di Maros, Senin (18/8/2014).

Menurutnya, Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Sultan Hasanuddin berencana merancang desain bandara dengan kapasitas hingga 50 juta penumpang per tahun. Tapi pada tahap awal akan dirancang untuk 25 juta penumpang per tahun terlebih dahulu karena untuk merancang area yang luas perlu waktu yang tidak sebentar. “Bila dirancang sampai 50 juta penumpang itu untuk waktu yang lama, bisa sampai 30 tahun yang akan datang. Jadi langkah awalnya kita akan membangun dan memperluas bandara untuk kapasitas 25 juta penumpang,” sebutnya.

Dia mengatakan bahwa proses pengembangan bandara ini juga memerlukan waktu yang panjang, seperti melakukan studi, presentasi ke gubernur, penunjukan lokasi, dan pembebasan lahan. “Prosesnya masih panjang. Terkadang pembebasan lahannya ini yang susah karena ada sebagian orang yang mau mengalah tapi ada juga yang tidak. Belum lagi ada persoalan kepemilikan tanah yang tidak sah,” jelasnya.

Sumber: indo-aviation.com

0 komentar:

Posting Komentar