Selasa, 07 Oktober 2014

Dahlan Iskan Gelar Pertemuan dengan Calon Investor Merpati

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan telah melakukan pertemuan dengan 100 calon investor yang berpotensi untuk menyelamatkan maskapai penerbangan milik pemerintah, Merpati Nusantara Airlines. Pertemuan itu dilakukan pada Senin (6/10/2014) malam.

Dahlan mengatakan, pertemuan yang dilakukan di Hotel Le Meredian Jakarta itu untuk memenuhi konsep keterbukaan dan mengumpulkan berbagai informasi mengenai konsep-konsep terbaik untuk menghidupkan kembali Merpati Nusantara Airlines yang telah tutup operasi sejak Februari 2014.

Menurut Dahlan, cara yang paling cepat untuk memulai proses penyelamatan Merpati Nusantara Airlines adalah dengan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). Tapi untuk bisa memperoleh keputusan PKPU harus ada perencanaan bagaimana menghidupkan dan mengembangkan Merpati Nusantara Airlines.

Dahlan mengaku sejumlah investor tertarik untuk melakukan investasi pada Merpati Nusantara Airlines dan memiliki konsep yang sangat menarik. “Bahkan ada yang sangat menarik. Namun saya tidak bisa begitu saja menunjuk investor tersebut melainkan harus diadakan penawaran terbuka, termasuk seperti yang dilakukan malam ini,” katanya.

Meskipun demikian, Dahlan tidak berharap investor itu mau melakukan pembayaran utang Merpati Nusantara Airlines yang mencapai Rp 9,2 triliun. “Daripada tergiur angin surga seperti itu lebih baik saya realistis. Daripada kehilangan waktu uang tidak berguna,” ucap Dahlan.

Mneurutnya, satu-satunya jalan yang bisa ditempuh adalah dengan mengonversi utang menjadi saham. “Ini saja investor masih harus menyediakan pesawat, membayar gaji karyawan yang tertunggak, membayar asuransi dan menyediakan modal kerja,” ujarnya, sembari berharap dalam waktu 10 hari ke depan pihaknya sudah menerima konsep terbaik sehingga bisa mengajukan PKPU.

Sumber: indo-aviation.com

0 komentar:

Posting Komentar