Sabtu, 13 Desember 2014

Hal Yang Tidak Boleh Diminta Pada Pramugari

Menjadi seorang pramugari bukanlah hal yang mudah. Pekerjaannya sebagai “pelayan di langit” mengharuskan pramugari untuk menjaga penumpang dan memenuhi kebutuhan mereka, seperti menyediakan makanan ringan, kopi, sampai menyimpan telepon genggam. Sering kali penumpang meminta pramugari untuk selalu memenuhi kebutuhannya, sementara itu adalah hal yang menjengkelkan.

Berikut 12 hal yang tidak perlu dipenuhi pramugari menurut Shawn Kathleen, seorang mantan pramugari dan pendiri PassengerShaming.com

Memberikan segala jenis obat-obatan
Tidak semua jenis obat-obatan tersedia di dalam pesawat. Bahkan pramugari tidak akan memberikan obat pusing untuk Anda, karena sudah berada dalam peraturan, tidak boleh menyediakan obat selain obat khusus sesuai resep dokter. Jika ingin obat-obatan biasa, sebaiknya Anda bawa sendiri.

Masukkan tas Anda sendiri
Pramugari tidak bekerja untuk mengangkat tas Anda. “Aturannya adalah jika Anda ingin menaruh tas Anda ya angkat sendiri,” ungkap Kathleen. Seorang pramugari hanya boleh membantu mendorong tas Anda agar muat ke dalam kabin dan membantu Anda menutup pintunya.

Meminta untuk menunda penerbangan lanjutan
Kathleen menjelaskan bahwa hal ini tidak mungkin bisa dilakukan. Bahkan seorang pilot tidak boleh menahan pesawat yang akan Anda tumpangi selanjutnya..

Meminta kapten pilot terbang lebih cepat
Menurut sumber, permintaan ini sering kali membuat para pramugari tertawa. Yang dapat membuat penumpang sampai ke lokasi tujuan lebih cepat hanya Anda memilih jadwal penerbangan lebih awal.

Menerima uang tip
Mungkin aturan dalam pesawat berbeda-beda, namun seorang pramugari tidak boleh menerima uang dari penumpang. Meski pun demikian, pramugari boleh menerima hadiah, seperti cokelat atau voucher.

Minum cocktail bersama
Seorang pramugari tidak boleh minum bersama penumpang, terlebih lagi cocktail yang mengandung alkohol, karena tugas pramugari adalah menjaga keselamatan Anda.

Menyingkirkan hewan dari penerbangan
Kita tidak dapat mengabaikan jasa hewan yang bisa membantu orang disabilitas. Jika seorang penumpang alergi dengan adanya hewan dalam pesawat, penumpang itu yang harus meninggalkan pesawat.

Memindahkan tempat duduk penumpang
Walau pun Anda ingin pindah tempat duduk atau menukar posisi duduk seseorang agar bisa duduk sebelah teman Anda, pramugari tidak memiliki hak untuk menyuruh orang itu pindah.

Memperbolehkan Anda duduk di kelas bisnis walau pun kosong
Jika ingin pindah ke kelas bisnis, Anda harus membelinya secara resmi dan tidak boleh meminta kepada pramugari.

Membiarkan Anda membawa alkohol dan membuat cocktail
“Kebanyakan maskapai penerbangan akan memerintahkan pramugari untuk menyita alkohol jika ada yang membawanya,” jelas Kathleen. Sangat dilarang jika ada orang yang mabuk di dalam pesawat, maka dari itu pramugari tidak boleh membiarkan alkohol berada di dalam pesawat.

Tidak boleh menemani turun dari pesawat
Seorang pramugari tidak boleh turun dari pesawat walau pun penumpang itu butuh bantuan untuk keluar pesawat. Jika Anda butuh bantuan, pramugari bisa meminta seseorang di luar sana untuk mendampingi Anda. "Pramugari boleh keluar pesawat setelah memastikan ia adalah orang terakhir di dalam pesawat,” ungkap Kathleen.

Menyediakan pulpen
Seorang pramugari tidak boleh menyediakan pulpen untuk semua penumpang saat mengisi formulir penerbangan internasional. “Kami tidak memiliki pasokan pulpen sehingga penumpang harus membawanya sendiri,” tutup Kathleen.

Sumber: lifestyle.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar