Selasa, 05 Mei 2015

Pilot Ungkap Fakta Tentang Pesawat Terbang

Pilot Pesawat Terbang
PilotBagi yang pernah naik pesawat pasti bisa merasakan sesuatu yang terjadi di pesawat. Beruntunglah untuk yang belum pernah naik pesawat karena terkadang sesuatu yang terjadi itu membuat kita sangat tidak nyaman bahkan ketakutan. Namun, kita tidak perlu khawatir karena pesawat terbang sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih dan tentu pilotnya juga sangat ahli dan memiliki jam terbang yang cukup.

Sering kali sesuatu yang terjadi di pesawat membuat kita bertanya-tanya tanpa ada yang menjawabnya. Ada seorang pilot dari Amerika yang mau menjawab beserta menjelaskan fakta sebenarnya. Seorang kapten pilot pesawat Amerika yang juga terapis berlisensi di bidang pengobatan takut terbang selama 30 tahun bernama Tom Bunn ini menjawab pertanyaan-pertanyaan itu sambil menjelaskan fakta yang sebenarnya terjadi. Dikutip dari lifestyle.okezone.com, berikut beberapa pertanyaan yang berhasil dijawab Tom Bunn :

Apa yang terjadi ketika pesawat tersambar petir?
Sebenarnya kejadian ini sudah biasa. Rata-rata pesawat terkena sambaran petir sebanyak dua kali dalam setahun. Bahkan, pilot terkadang tidak akan menyadari pesawatnya tersambar petir. “Di dalam kokpit Anda mendengar ‘bang’ dan melihat kilatan. Tapi Anda tidak tahu apakah itu listrik statis atau petir sampai Anda telah mendarat,” terang Bunn. Saat pesawat melewati awan, akan memicu listrik statis. Namun, Anda akan menyadari bahwa sayap tersambar petir ketika mendarat dan melihat sayap seperti rokok yang terbakar.

Daerah mana yang seharusnya tidak boleh dilewati pesawat?
Hal pertama yang terpikir adalah ditembak jatuh di tepi Ukraina. Itu adalah situasi di mana semua maskapai harus segera mengetahuinya. Pada hari-hari sebelumnya, telah ada personil militer yang mengoperasikan pesawat anti-rudal. Seharusnya tidak ada pesawat yang melewati jalur tersebut. Rudal dapat menembus 60 ribu kaki.

Apakah pesawat aman jika terbang saat terjadi badai?
Jawabannya adalah iya dan tidak. Anda tentu tidak ingin melakukan pendaratan darurat karena adanya angin yang sangat kencang yang disebut downburst. Jika Anda berada di ketinggian 5.000 kaki, hal itu masih aman. Tapi badai bisa membuat pesawat turun menjadi 50 kaki dari tanah. Itulah sebabnya pilot tidak melakukan pendaratan ketika terjadi badai di landasan pacu.

Apakah turbulensi membuat pesawat terjatuh?
Bunn mengatakan tidak, namun ia menggambarkan ada satu kasus pesawat British Airlines jatuh di Gunung Fuji akibat turbulensi. Aliran jet yang sangat kuat dan Gunung Fuji yang berbentuk unik membuat pesawat tersebut masuk ke beberapa situasi turbulensi yang mematahkan pesawat.

Apakah pesawat bisa jatuh kapan saja?
Jawabannya adalah tidak. Karena pesawat yang jatuh pasti disebabkan oleh sesuatu kerusakan. Sementara pesawat memiliki cadangan apa saja yang dibutuhkan, sehingga sangat kecil kemungkinan pesawat bisa jatuh begitu saja.

Apa yang terjadi jika salah satu mesin rusak?
Pesawat masih bisa terbang meskipun hanya dengan satu mesin. Walau begitu, pilot tetap harus mendarat karena tidak memiliki cadangan lagi. Namun, lembaga regulator penerbangan sipil di Amerika Serikat, FAA mengatakan pesawat tidak bisa terbang dengan satu mesin dan harus segera mendarat di bandara terdekat.

Apa yang terjadi jika ponsel menyala saat pesawat lepas landas?
Di Amerika Serikat, hal itu tidak berpengaruh. Bunn mengatakan bahwa ponsel bukanlah sebuah ancaman di pesawat, sebab frekuensi atau sinyal ponsel tidak beroperasi di frekuensi yang digunakan dalam penerbangan

Jika jendela pecah, apakah penumpang akan terlempar keluar?
Di dalam kabin ada dua jendela. Salah satunya adalah struktural, sementara yang lainnya adalah untuk menjaga tangan Anda menyentuh yang struktural. Kaca jendela tersebut plexiglass dan sangat kecil kemungkinannya untuk rusak. Sementara di kokpit tidak menggunakan plexiglass, tetapi kaca yang sangat kuat. Sehingga kecil kemungkinan untuk pecah.

Apa yang ditakutkan pilot?
Tidak banyak hal yang ditakutkan oleh pilot. Pesawat dibekali dengan keamanan yang tidak perlu dikhawatirkan. Bunn mengatakan sesuatu yang dikhawatirkan adalah karena pilot memiliki rasa tanggung jawab terhadap ratusan nyawa. Namun, ketakutan terbesar mereka adalah rasa gagal akan tanggung jawab tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar