Kamis, 15 Januari 2015

Tips Jika Paspor Hilang saat Berlibur

Paspor adalah benda yang sangat penting ketika Anda sedang berlibur atau bepergian ke luar negeri. Kehilangan paspor di negara tempat Anda berlibur memang bukanlah suatu hal yang menyenangkan. Anda harus merelakan beberapa waktu libur Anda untuk mengurusnya. Jika Anda mengalami hal buruk itu, tenangkan sedikit diri Anda, dan lakukan hal di bawah ini:

Lapor polisi
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah lapor polisi. Meskipun polisi tidak dapat mengembalikan paspor Anda, hal ini bisa digunakan jika Anda ingin mengklaim biaya penggantian dari asuransi Anda. selain itu, laporan ini juga bisa dijadikan informasi polisi agar mencegah orang lain menggunakan paspor ilegal.

Hubungi kedutaan terdekat
Sebelum pergi ke suatu negara, ada baiknya Anda mencari tahu informasi mengenai alamat dan nomor telefon kedutaan besar Indonesia di negara itu. Hal ini akan memudahkan Anda saat kehilangan paspor. Setelah Anda dapat menghubungi kedutaan, buatlah janji darurat dan ceritakan yang Anda alami. Umumnya, mereka akan melayani pada hari kerja, yaitu Senin hingga Jumat.

Ajukan pembuatan paspor baru
Anda harus segera mengajukan pembuatan paspor baru dengan membawa identitas diri yang diperlukan. Bawalah salinan identitas diri dan foto untuk memudahkan Anda mendapat paspor pengganti. Anda juga harus menyiapkan dana lebih untuk membuat paspor ini.

Tunggu paspor jadi
Anda akan menerima paspor baru dalam waktu 24 jam. Paspor sementara ini hanya berlaku selama satu tahun dan harus diperbarui segera setelah Anda kembali dari liburan.

Sumber: travel.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar