Kamis, 03 Desember 2015

Kemenhub Akan Periksa Seluruh Pesawat Airbus A320 di Indonesia

Airbus A320
Airbus A320Hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transpotasi (KNKT) mengenai penyebab jatuhnya pesawat Airbus A320 milik Indonesia AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8501 rute Surabaya-Singapura adalah adanya kerusakan pada komponen pesawat, yaitu Rudder Travel Limiter Unit (RTLU).

RTLU adalah sistem kendali pesawat yang mengatur sudut derajat belokan dan kecepatan pesawat. Oleh sebab itu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan pemeriksaan komponen RTLU pada seluruh pesawat Airbus A320 yang beroperasi di Indonesia.

Dikutip dari indo-aviation.com, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo mengungkapkan, saat ini pesawat Airbus A320 dioperasikan oleh empat maskapai penerbangan Indonesia diantaranya Indonesia AirAsia, Indonesia AirAsia X, Citilink dan Batik Air. Ada sekitar 75 pesawat A320 yang akan diperiksa.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat bagaimana perbaikan terhadap masalah teknis yang terjadi pada komponen maupun sistem RTLU yang dimiliki oleh masing-masing pesawat Airbus A320. Selain itu, Kementerian Perhubungan juga akan melakukan inspeksi terkait dengan permasalahan berulang dan penyelesaiannya.

0 komentar:

Posting Komentar