Kamis, 12 Juni 2014

Keindahan Green Canyon Pangandaran

Green Canyon bukanlah Grand Canyon Amerika, Tapi Green Canyon Pangandaran. Green Canyon yang awalnya disebut “Cukang Taneuh”, bahasa Sunda untuk menyebut jembatan Tanah, karena disini ada jembatan yang lebarnya 3meter terbuat dari tanah berada di atas tebing kembar di tepi sungai. Keajaiban alam yang spektakuler ini tentu tidak akan Anda temui di tempat lain. Nama Green Canyon diyakini berasal dari seorang turis Perancis yang datang ke lokasi Green Canyon pada tahun 1993. Karena air dan lumut berwarna hijau yang berlimpah maka wisatawan itu memberikan nama Green Canyon. Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat, sekitar 31 Km atau 45 menit berkendara dari Pangandaran.

Mendekati Cukang Taneuh, kita disuguhi pemandangan sungai dengan sedikit jeram dengan alur sempit dimana perahu sudah tidak bisa meneruskan perjalanan karena cadiknya yang lebar. Kapasitas parkirnya juga terbatas. Jadi kita menunggu dalam waktu yg tidak terlalu lama, atau perahu keluar dan kembali lagi dalam waktu yang kita tentukan.

Disini air sangat jernih kebirua-biruan. Untuk melihat keunikan yang sesungguhnya, kita disarankan untuk terus keatas dengan berenang atau merayap di tepi batu. Perjalanan ini sepenuhnya aman. Anak-anak 6 tahun keatas dapat ikut menggunakan ban dan panduan – life guard pemilik perahu yang kita sewa. Sepanjang perjalanan, kita akan terus berada di cekungan dengan dinding terjal di kanan kiri sebagian dinding menyerupai gua dengan atap yang sudah runtuh.

Di bagian tertentu masih tersisa stalaktit dimana air tanah menetes. Setelah beberapa ratus meter berenang kita akan melihat beberapa air Terjun kecil dikiri kanan yang sangat menawan. Jika anda terus penasaran dengan ujung jalan, anda akan sampai di sebuah tempat dengan gua yang dihuni oleh kalelawar. Disepanjang alur ini, anda dapat berenang sepuas-puasnya. Ya, berenang bersama ikan di air yang jernih dan dingin.

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Pangandaran, menjadikan Green Canyon sebagai destinasi wisata di pangandaran yang sulit untuk dilewatkan begitu saja. “Sepotong surga di bumi” begitulah yang digambarkan mereka yang datang ke Green Canyon. Sebuah keajaiban Alam tersembunyi di balik semak-semak tebal dan pepohonan hutan Pangandaran. Green Canyon adalah rahasia indah dan spektakuler yang tersembunyi di Pangandaran.

Sumber: travelista.infopenerbangan.com

0 komentar:

Posting Komentar