Senin, 23 Juni 2014

Kemenhub: Tigerair Mandala Masih Berpeluang Terbang Kembali

Maskapai penerbangan berbiaya rendah Tigerair Mandala telah memutuskan untuk menghentikan operasinya mulai 1 Juli 2014. Meskipun demikian pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan bahwa maskapai penerbangan tersebut masih berpeluang terbang kembali asalkan mendapatkan investor baru.

Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo menuturkan, Air Operator Certificate (AOC) Tigerair Mandala masih aktif dan Surat Izin Usaha Penerbangan (SIUP) maskapai penerbangan ini juga masih berlaku satu tahun sejak perusahaan menghentikan operasinya.

“Mandala masih punya peluang untuk bisa on lagi, tapi tergantung kesiapannya dan bagaimana mereka mendapat investor lagi. Ya mudah-mudahan bisa dapat investor lagi, karena SIUP masih berlaku satu tahun lagi,” kata Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo.

Menurut Djoko, Tigerair Mandala sudah melakukan prosedur yang tepat saat memutuskan untuk menutup operasinya, yakni dengan melaporkan terlebih dahulu kepada Kementerian Perhubungan. Djoko mengaku pihaknya tidak bisa mencegah keputusan Tigerair Mandala karena perusahaan memang sedang kesulitan keuangan.

Djoko menuturkan bahwa sisa uang yang dimiliki oleh Tigerair Mandala saat ini akan digunakan untuk membayar pengembalian uang tiket penumpang maupun mengalihkan penerbangan ke maskapai lain. “Kita izinkan asal tidak menelantarkan calon penumpangnya, itu mereka janjikan sehingga konsumennya bisa mulai mengurus pada refund atau dialihkan ke penerbangan lain,” ujarnya.

Sebelumnya dua maskapai penerbangan, Indonesia AirAsia dan Citilink Indonesia, tertarik untuk mengakuisisi saham Tigerair Mandala. Namun akhirnya kedua maskapai penerbangan itu memutuskan untuk membatalkan rencananya lantaran kurang menguntungkan dari sisi bisnis.

Sumber: indo-aviation.com

0 komentar:

Posting Komentar