Rabu, 11 Maret 2015

Ini Penyebab Delay Panjang Lion Air Februari Kemarin

Pada musim liburan Imlek bulan Februari kemarin, dunia penerbangan Indonesia digegerkan dengan delay panjang maskapai Lion Air. Mulai tanggal 18-20 Februari 2015 terjadi delay panjang pada penerbangan Lion Air, bahkan ada beberapa rute penerbangan yang terpaksa dibatalkan. Hal ini mengakibatkan ribuan penumpang terlantar hingga membuat kericuhan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya mengungkapkan penyebab delay panjang penerbangan Lion Air tersebut.

Direktur Kelaikan dan Pengoperasian Pesawat Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Muzaffar Ismail mengatakan bahwa delay puluhan penerbangan itu terjadi karena tidak sinkronnya antara divisi pemasaran dan divisi operasional Lion Air. Saat musim libur imlek itu, bagian pemasaran menjual banyak tiket tanpa melihat ketersediaan pesawat yang siap beroperasi. “Kalau marketing dan operasi nggak sinkron, pasti terjadi kekacauan,” ungkapnya.

Muzaffar mengatakan, Kementerian Perhubungan kemudian sudah meminta kepada Lion Group untuk memisahkan divisi operasional dan pemasaran agar digarap sendiri oleh masing-masing maskapai penerbangan anggota group. Dalam hal ini, Lion Air, Wings Air, dan Batik Air diminta mempunyai bagian operasional dan pemasaran sendiri-sendiri. Saat terjadi delay berkepanjangan beberapa waktu yang lalu, divisi operasional dan pemasaran ketiga maskapai penerbangan dipegang oleh dipegang oleh Integrated Operation Control Center Lion Air Group.

Sumber: indo-aviation.com

0 komentar:

Posting Komentar