Rabu, 15 April 2015

Kebutuhan SDM Industri Penerbangan Indonesia

Saat ini dalam pandangan di masyarakat, Bekerja di dunia industri penerbangan terutama yang menjadi pilot dan pramugari memang memiliki potensi untuk dapat hidup lebih sejahtera, dengan sekolah yang cukup singkat, dan tentu bisa mendapatkan gaji yang sangat besar.

Pilot, pramugari, dua profesi ini merupakan yang paling dikenal dalam dunia industri penerbangan. Padahal dalam kenyataannya masih banyak profesi lain yang terlibat dalam industri penerbangan diantaranya teknisi pesawat udara, pengatur lalu lintas udara (Air Traffic Control), dan lain-lain. Profesi dalam dunia penerbangan saat ini menjadi peluang yang sangat menjanjikan seiring dengan perkembangan moda transportasi udara yang dari tahun ke tahun terus menanjak, dan sangat diminati oleh masyarakat, oleh sebab itu dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dan kompeten di bidangnya.

Oleh karena itu, Pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo berjanji untuk membangkitkan kembali kejayaan industri penerbangan atau kedirgantaraan Indonesia dengan memberikan dukungan dan insentif kepada industri tersebut.

Menurut Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara Yuli Sudoso Hastono, Saat ini jumlah sekolah penerbangan yang diapprove oleh Kemenhub ada 24, kebutuhan Pilot saat ini pertahun 770 orang, sedangkan teknisi pesawat udara 960 orang dan Air Traffic Control 726 orang.

0 komentar:

Posting Komentar