Sabtu, 12 Maret 2016

Citilink Tingkatkan Pendapatan Non-Tiket

Citilink
CitilinkSaat low season atau musim sepi penumpang seperti sekarang ini, maskapai penerbangan harus memiliki trik-trik agar tetap bisa meraih pendapatan dengan maksimal. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan pendapatan di sektor non-tiket penumpang.

Sektor non-tiket yang bisa dioptimalkan oleh maskapai penerbangan antara lain kargo, penjualan makanan, minuman, souvenir di pesawat (ancillary income), dan berbagai sumber penjualan lainnya yang bisa menghasilkan uang.

Dikutip dari indo-aviation.com, Direktur Komersial Citilink Indonesia Hans Nugroho mengungkapkan, saat ini pihak Citilink sedang berusaha meningkatkan pendapatan non-tiket dari 4-5 persen menjadi 7-8 persen hingga akhir tahun nanti.

Beberapa cara yang dilakukan oleh Citilink untuk menggenjot pendapatannya, yaitu dengan mengoptimalkan bisnis sewa sewa mobil dan bus jemputan penumpang, memaksimalkan angkutan kargo, penerbangan charter, dan iklan di dalam maupun di luar pesawat.

Kondisi low season seperti sekarang ini memang tidak bisa dihindari. Meskipun penumpang meningkat, tetapi maskapi penerbangan yang identik dengan warna hijau tersebut tidak bisa mempertahankan tarif tiket penumpang.

Citilink juga memiliki pendapatan dari bisnis hotel. Namun, pendapatan dari sektor ini masih belum tinggi. Pihak Citilink pun tidak merinci seberapa besar pendapatannya dari sektor hotel ini.

0 komentar:

Posting Komentar