Minggu, 18 September 2016

Maluku Kembangkan Bandara Berstandar Internasional

Bandara di Maluku
Bandara
Pemerintah daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat berencana mengembangkan bandara Saumlaki menjadi jalur penerbangan internasional secara langsung dari Darwin, Australia dan mungkin juga ke Timor Leste atau Davao (Philipina).

Dikutip dari infopenerbangan.com, Kapala Dinas Perhubungan Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Edy Huwae, mengungkapkan, Provinsi Maluku akan memiliki dua bandara berstandar internasional yang berkedudukan di Kota Ambon dan Saumlaki.

Selain Bandara Internasional Pattimura Ambon, Pemerintah daerah juga bertekad mengembangkan Bandara Mathilda Batlayeri Saumlaki sebagai pintu gerbang penerbangan internasional.

Pengembangan bandara ini diharapkan bisa menunjang roda perekonomian daerah Maluku sehingga dapat berputar lebih optimal. Selain itu, lalu lintas orang dan barang akan semakin ramai.

Untuk kondisi saat ini panjang landasan pacu bandara Saumlaki hanya 1.641 meter dan lebar 30 meter, namun Kementerian Perhubungan sementara ini akan melakukan perpanjangan landasan secara bertahap.

Perpanjangan landasan pacu tahap pertama dalam tahun 2016 ini akan mencapai 2.000 meter dan lebar 45 meter, dan tahap selanjutnya ditingkatkan menjadi 2.500 meter.

Selain itu, sarana infrastruktur penunjang lainnya di bandara juga sementara dibenahi agar bisa memenuhi persyaratan maksimal sebagai sebuah bandara berstandar internasional.

0 komentar:

Posting Komentar