Sabtu, 10 September 2016

Peningkatan Pergerakan Penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin

Pergerakan Penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin
Pergerakan Penumpang

Sepanjang tahun 2016 ini pergerakan penumpang pesawat yang berangkat melalui Bandara Sultan Hasanuddin telah mencapai 2,28 juta atau melonjak 23,26 persen dibandingkan dengan tahun 2015 yang lalu.

Pertumbuhan paling signifikan diperlihatkan penumpang pesawat untuk rute internasional yakni mencapai 74,55 persen sepanjang Januari-Juli 2016 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya mencapai 27.500 orang.

Untuk rute domestik, pergerakan penumpang mencapai 2,24 juta pada periode yang sama dengan performa pertumbuhan mencapai 22,49 persen secara tahunan.

Dikutip dari indo-aviation.com, Departemen Head AP I Bandara Sultan Hasanuddin Hary Budi Waluyo mengungkapkan, sejumlah momentum perayaan hari besar keagamaan serta periode liburan Januari-Juli 2016 turut mempengaruhi pertumbuhan pergerakan penumpang itu.

Peningkatan arus penumpang paling terlihat di bulan Juli lalu karena bertepatan dengan mudik Lebaran. Angkasa Pura I memproyeksikan angkanya masih akan naik lagi, karena belum termasuk pemberangkatan ibadah haji dan lainnya.

Faktor lainnya adalah agresivitas maskapai yang memberikan tiket pesawat promo disertai dengan penambahan frekuensi pada periode tertentu ikut mendongkrak pergerakan penumpang pesawat yang melalui Bandara Sultan Hasanuddin.

Selain itu, dari sisi karakterisitik penumpang, seluruh segmen mengalami peningkatan diantaranya meliputi penumpang yang melakukan perjalanan wisata, bisnis maupun segmen lainnya.

Pengembangan kapasitas dan pelayanan di Bandara Sultan Hasanuddin juga akan terus dilakukan untuk mengimbangi potensi laju pertumbuhan pengguna jasa transportasi udara yang melalui bandara utama di wilayah timur Indonesia itu.

0 komentar:

Posting Komentar