Selasa, 01 September 2015

Kabut Asap Ganggu Penerbangan di Sumatera

Kabut Asap Ganggu Penerbangan
Kabut AsapBeberapa penerbangan di Pulau Sumatera mulai terganggu akibat kabut asap. Kabut asap tersebut berasal dari pembakaran lahan. Sejumlah penerbangan yang terganggu antara lain penerbangan ke Bandara Kuala Namu, Medan dan beberapa penerbangan ke bandara di kawasan tersebut.

Hari Minggu tanggal 30 Agustus kemarin tercatat ada tiga pesawat dengan tujuan dua penerbangan tergangu akibat kabut asap ini yaitu penerbangan Garuda Indonesia tujuan Palembang dan ke Sibolga dengan Garuda Indonesia GA 263 serta Wings Air IW 1256.

Dikutip dari runway-aviation.com, kabut asap juga menyebabkan turunnya jarak pandang di Bandara Minangkabau Padang, Bandara Hang Nadim Batam, dan Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru. Meskipun demikian, sejumlah penerbangan di dua bandara tersebut masih berjalan normal karena masih berada di atas jarak pandang minimum untuk melakukan tinggal landas dan pendaratan.

Kabut asap membuat jarak pandang minimum di bandara Hang Nadim Batam turun dari yang biasanya 10 km menjadi 2,5 hingga 5 km. Namun karena adanya angin kencang, membuat kabut asap tersebut hanya singgah beberapa saat di Batam. Harapannya kabut asap segera berakhir agar semua aktifitas masyarakat terutama penerbangan bisa kembali lancar.

0 komentar:

Posting Komentar