Selasa, 18 Maret 2014

Mampir dan Kuliner Yuk Ke Manokwari


Beberapa pekan lalu kebetulan ada sebuah perjalanan dinas ke wilayah timur Indonesia, tepatnya di Biak, Jayapura, Timika, dan Merauke. Seperti biasanya ketika melaksanakan tugas luar pulau beberapa teman selalu bertanya “eh oleh-oleh khas situ apa ya?” nah ini juga yang membuat saya sedikit kebingungan, karena yang saya tahu oleh-oleh khas wilayah itu adalah kerajinan Patung ataupun makanan yang tidak tahan beberapa hari.
Akhirnya beberapa hari terakhir di Jayapura, saya menyempatkan ke salah satu toko rekomendasi dari resepsionis hotel. Ternyata di toko tersebut menjual roti abon gulung yang merupakan primadona oleh-oleh dari Papua. Roti tersebut  di klaim sebagai roti khas manokwari dan sudah banyak diakui kelezatannya oleh warga papua bahkan dari turis yang berkunjung ke Papua.
Secara estetika roti komposisi abonnya ditaburi di bagian luar dan bagian dalam, bahkan kulit (roti) nya malah menjadi tidak terasa. Menurut saya rasanya enak, manis, gurih dan lezat.
Ada beberapa pilihan rasa untuk abon ini, yaitu : rasa ayam, daging sapi, ikan tuna, sosis, almond, coklat atau keju.
Meskipun demikian ada juga abon gulung yang original (tanpa keju atau coklat), ukuran untuk sebuah abon gulung ini cukup besar sedangkan satu kotak berisi 10 buah abon gulung.
Tidak menggunakan bahan pengawet dan dapat sertifikat “dijamin halal” dari MUI. Bagi Anda yang kebetulan akan berkunjung ke Jayapura bisa mendapatkan roti abon gulung yang tokonya ada di sebelah kantor Indosat Jayapura, atau tepatnya seberang taman kota. Untuk ukuran kecil dijual seharga 60rb /kotak, dan roti ukuran besar seharga 100rb/kotak, dengan tiap kotak berisi 10 buah roti gulung abon. Jangan takut untuk membeli dalam jumlah banyak, karena pengalaman saya membeli dalam jumlah banyak dapat disimpan dalam kulkas dan bisa bertahan nikmatnya sampai 1 minggu (untuk rasa abon ayam, sapi dan cokelat), sedangkan untuk rasa keju kurang disarankan untuk disimpan berlama-lama karena keju akan mengeras dan mengurangi cita rasa roti tersebut.
Dan moment yang paling tepat dan asik adalah menikmati roti ini sambil menikmati pemandangan matahari terbenam di sisipantai yang ada didekat taman kota, hanya berjarak 100meter saja dari toko roti abon gulung tersebut. Dan sangat disarankan membawa teman untuk mengobrol agar suasanya menjadi lebih asik :).

Sumber : refaridwan.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar