Sabtu, 22 Maret 2014

Perhatikan Bayi Anda Saat Perjalanan Didalam Pesawat

http://us.images.detik.com/content/2013/08/30/764/083434_ibuanakpesawat.jpg
Berlibur adalah salah satu aktivitas yang jadi favorit hampir semua orang. Namun, bagaimana jika Anda baru saja melahirkan dan si kecil tidak mungkin ditinggal. Bagaimana cara aman membawa bayi bepergian dengan pesawat?

Sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat bersama si kecil ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama, si kecil harus dalam keadaan sehat saat melakukan perjalanan udara. Bagaimana pun, hal ini merupakan sesuatu yang baru bagi si kecil dan ia harus beradaptasi terlebih dahulu. Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah:

Usia
Beberapa ahli mengatakan, bayi baru diperbolehkan melakukan perjalanan jauh setelah usianya enam minggu, karena sebelum enam minggu biasanya bayi masih rentan terhadap kuman. Bayi bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan jalur darat, laut atau udara. Namun, ada baiknya perjalanan yang ditempuh tidak terlalu lama yang membuat bayi merasa lelah dan bisa menyebabkan rewel.

Telinga
Perubahan tekanan dalam kabin pesawat selama penerbangan dapat membuat telinga bayi menjadi sakit. Untuk mengatasinya, berikan ASI (menyusui langsung atau menggunakan dot) pada saat akan lepas landas atau mendarat. Tunda penerbangan jika bayi sedang mengalami infeksi telinga, karena akan membuat infeksi semakin parah.

Pernafasan
Kemungkinan bayi akan sulit bernafas dengan udara yang terbatas seperti di dalam pesawat, terlebih lagi jika bayi sedang pilek. Pastikan bayi dalam keadaan yang sehat dan pada posisi yang nyaman dan leluasa untuk bernafas.

Popok, makanan dan mainan
Siapkan semua kebutuhan bayi dan jangan sampai ada yang tertinggal, seperti popok, makanan, dan mainan bayi. Beberapa kebutuhan bayi tersebut sangat berguna untuk membuat bayi lebih nyaman apabila popoknya basah, merasa lapar atau bosan.

Bepergian dengan menggunakan pesawat dengan si kecil adalah hal yang menyenangkan. Buatlah si kecil tetap senyaman mungkin selama dalam pesawat. Pastikan juga Anda tidak kekurangan cairan saat penerbangan karena terlalu sibuk dengan si kecil. Jangan lupa tidur jika bayi juga sudah tidur, supaya Anda bisa beristirahat sebelum si kecil bangun.

dr. Adhiatma Gunawan
www.MeetDoctor.com
Penulis: Devi Suzanty

0 komentar:

Posting Komentar