Senin, 30 Januari 2017

New Yogyakarta International Airport

Bandara Baru di Yogyakarta
Bandara Baru
Bandara Yogyakarta yang baru yakni Bandara Kulonprogo atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menjadi bandara terpadu dan berkelas dunia.

Bandara baru dengan nama New Yogyakarta International Airport (NYIA) ini akan memanjakan penumpang dan ramah terhadap warga sekitar.

Dikutip dari indo-aviation.com, Direktur Teknik Angkasa Pura I, Polana menjelaskan, Bandara New Yogyakarta International Airport ini mengusung konsep yang berbeda, yaitu konsep aerocity.

Konsep ini nantinya akan tersedia kawasan terpadu pada radius 5 kilometer yang dilengkapi berbagai fasilitas. Selain pemukiman warga, akan tersedia juga sekolah, kampus, rumah sakit, logistic park dan cargoville.

Bandara ini juga membawa konsep intermoda yang menggabungkan tiga transportasi massal sekaligus. Bandara akan terintegrasi dengan kereta dan angkutan darat lainnya.

Konsep intermoda ini dikembangkan untuk mempermudah arus penumpang ataupun barang. Nantinya, akan dibangun underpass Kereta Api dengan terminal kargo yang memadai.

Bandara New Yogyakarta International Airport ini ditargetkan bisa beroperasi pada Maret 2019. Sementara untuk pembangunannya dibagi menjadi dua tahap.

Tahap pertama, New Yogyakarta International Airport akan memiliki landasan pacu sepanjang 3.250 meter dan lebar 60 meter. Kemudian luas terminal sebesar 130.000 meter persegi yang mampu menampung 14 juta penumpang.

Tahap kedua, landasan pacu akan diperpanang hingga 3.600 meter dan luas terminal ditingkatkan menjadi 150.000 meter persegi. Semua pesawat besar bisa mendarat, termasuk pesawat berbadan lebar.

0 komentar:

Posting Komentar