Senin, 29 Desember 2014

Tips Terbang Tanpa Bagasi

Bisakah bepergian dalam waktu yang lama tanpa membawa bagasi? Bagi seorang backpaker, ternyata bisa. Karena itu, Anda pun bisa. Seorang pecinta backpaker kepada Aviasi menyatakan saat ini sudah tidak zamannya lagi traveling sambil membawa banyak koper. Terbang dengan cara yang ringkas bukahlah hal yang sulit dilakukan. Anda tertarik bepergian tanpa barang bawaan yang banyak? Berikut tips khusus melakukan perjalanan udara tanpa bagasi:

Pilih Maskapai
Anda sebaiknya memilih penerbangan langsung (direct flight), karena jika harus transit, maka akan memakan waktu perjalanan yang lebih lama, sementara Anda tidak perlu mengurus bagasi. Untuk waktu keberangkatan, sebaiknya jadwal paling pagi atau pertama dari bandar udara keberangkatan, hal ini guna menghindari terjadinya delay (keterlambatan penerbangan).

Pilih Kursi
Saat check-in, silakan meminta nomor kursi di aisle (lorong) jika pengaturan kursi tidak memberlakukan sistem. Atau saat booking tiket, Anda sekaligus dapat membeli kursi, jika maskapai menjual pilihan posisi kursi. Pilih seat di lorong akan membantu Anda dalam pengawasan barang bawaan di bagasi kabin (compartment). Selain itu, bagasi jinjing yang dibawa sebaiknya ditempatkan di atas tempat duduk. Atau, jika duduk bukan di dekat jendela darurat, maka mintalah izin dari awak kabin untuk meletakkan barang bawaan di bawah depan kursi Anda.

Tas yang Diperlukan
Pilihlah tas untuk dijinjing yang ringan dan ringkas. Walaupun ringan, ukurannya jangan terlalu besar, karena petugas check-in atau petugas boarding akan melihat tas yang dibawa, sekiranya melebihi ukuran, maka mereka akan meminta dimasukkan ke dalam bagasi pesawat.

Keperluan Pribadi
Atur barang-barang yang akan dibawa sesuai keperluan pribadi yang paling utama, jangan membawa hal-hal yang tidak ada kepentingannya. Jika di tempat tujuan, barangbarang keperluan pribadi dapat dijangkau, maka tidak perlu membawa dari kota asal. Tentunya, ini tidak akan menjadi penghambat dalam perjalanan.

Dokumen/Benda Berharga
Pisahkan barang-barang berharga atau penting dengan barang lainnya. Letakkan di kantong/tas tersendiri. Jika sewaktu-waktu diperlukan, maka akan lebih mudah dalam mencarinya. Benda berharga tersebut harus selalu dalam pengawasan sendiri dan alangkah baiknya selalu dibawa.

Diberi Tanda
Agar lebih mudah dalam pengambilan bagasi kabin saat tiba di bandar udara tujuan, maka Anda dapat meletakkan tanda tertentu (name tag) di tas Anda. Sebaiknya, tag baggage ditulis lengkap seperti nama dan tujuan. Walaupun ada retsleting, Anda dapat menguncinya dengan gembok/ kunci yang kecil. Mengapa demikian? Ini untuk menghindari pencurian barang di kabin pesawat.

Simpel
Saat Anda akan terbang, penampilan juga harus diperhatikan. Tidak membawa bagasi pun bukan berarti harus membawa tas-tas kecil yang banyak. Hal tersebut dapat mengganggu rangkaian penerbangan Anda, baik saat di airport, di pesawat ataupun di tempat tujuan.

Jaket dan Kantong
Bawalah jaket atau sweater guna melindungi diri Anda. Usahakan jaket yang berkantong, sehingga dapat difungsikan menyimpan keperluan lainnya.

Sumber: infopenerbangan.com

0 komentar:

Posting Komentar