Rabu, 23 September 2015

Bandara Palembang Diperluas Untuk Sambut Asian Games

Bandara Palembang Sambut Asian Games
Bandara PalembangBandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang akan diperluas. Perluasan ini dilakukan oleh Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Palembang itu untuk menyambut perhelatan pesta olahraga Asia atau Asian Games. Pesta olahraga Asia atau Asian Games akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang.

Proyek perluasan Bandara Palembang tersebut akan membuat Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II memiliki luas 310,76 hektare dengan kapasitas tambahan sebesar 32 persen dari yang sebelumnya hanya dua juta penumpang menjadi 3,6 juta penumpang per tahun.

Dikutip dari runway-aviation.com, General Manager PT Angkasa Pura II, Iskandar Hamid mengungkapkan, Perluasan bandara ini merupakan permintaan dari Pemda untuk menyambut delegasi dari negara Asia yang berpartisipasi dalam Asian Games tersebut. Proyek ini diharapkan dapat selesai sebelum tahun 2018.

Proyek perluasan bandara ini terbagi menjadi tiga tahap mulai dari landasan pacu, terminal penumpang dan gudang kargo yang akan menghabiskan dana sekitar Rp 18,3 miliar. Pihak Angkasa Pura II juga akan meningkatkan sisi udara atau airside yang meliputi pengembangan tiga paralel taxiway.

Taxiway akan diperpanjang menjadi 165 X 23 meter dari sebelumnya 42 X 31,5 meter, terminal menjadi 88.221 meter persegi dari sebelumnya 16.700 meter persegi, serta gudang kargo menjadi 2.234 meter persegi yang sebelumnya 400 meter persegi.

Saat ini maksimum pergerakan penumpang di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II adalah 13 ribu orang per hari, nantinya perluasan ini akan membuat bandara tersebut dapat menampung hingga 15 ribu penumpang per hari.

Angkasa Pura II juga menambah kapasitas dari 18 konter check in menjadi 34 konter yang saat ini sudah memasuki 68 persen pengerjaan dan menambah lima garbarata untuk memudahkan pergerakan penumpang.

0 komentar:

Posting Komentar