Jumat, 19 Februari 2016

Slot Time di Bandara Soekarno-Hatta Sudah Penuh

Slot Time Bandara Soekarno-Hatta
Slot TimeIndonesia National Air Carriers Association (INACA) atau Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia mengeluhkan penuhnya slot time di Bandara Soekarno-Hatta yang tak kunjung teratasi. Hal ini membuat maskapai penerbangan kesulitan untuk melakukan ekspansi karena tidak bisa mendapatkan slot time.

Dikutip dari indo-aviation.com, Ketua Penerbangan Berjadwal INACA Bayu Sutanto mengungkapkan, kondisi kepadatan slot time di Bandara Soekarno-Hatta masih sama tetap padat dan tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan tahun 2015 lalu.

Sesuai dengan kapasitas slot time di Bandara Soekarno-Hatta saat ini, maskapai penerbangan sudah tidak bisa menambah rute baru dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta atau menambah frekuensi penerbangan yang sudah ada.

Untuk melakukan ekspansi, maskapai penerbangan harus menyiasati dengan beroperasi dari bandara lain. misalnya Garuda Indonesia akan mengoperasikan layanan penerbangan dari Bandara Pondok Cabe, lalu Citilink dan Batik Air melakukan ekspansi dari Bandara Halim Perdanakusuma.

Saat ini maskapai penerbangan masih menunggu pembangunan Terminal 3 Ultimate selesai, karena dengan beroperasinya Terminal 3 Ultimate diharapkan bisa membantu memberikan kelonggaran slot time di Bandara Soekarno-Hatta.

Usaha yang dilakukan oleh maskapai penerbangan dengan membuka rute-rute baru dari bandara lain di luar Bandara Soekarno-Hatta belum mampu mendongkrak kinerja penumpang secara signifikan.

Selain itu, bandara-bandara selain Bandara Soekarno-Hatta banyak yang belum beroperasi selama 24 jam. Oleh sebab itu, masih perlu waktu bagi pasar penerbangan di luar Bandara Soekarno-Hatta untuk tumbuh dan berkembang.

0 komentar:

Posting Komentar