Senin, 03 Juli 2017

Wings Air Resmi Terbangi Jakarta-Tasikmalaya

Wings Air Terbang ke Tasikmalaya
Wings Air

Harapan warga Tasikmalaya yang menginginkan adanya transportasi udara akhirnya terwujud dengan dibukanya penerbangan Wings Air dari Jakarta menuju Tasikmalaya.

Meskipun tidak bisa terbang pada musim mudik Lebaran tahun 2017 ini, penerbangan perdana rute Bandara Halim Perdanakusuma-Bandara Wiriadinata dioperasikan mulai tanggal 1 Juli 2017 kemarin.

Penerbangan perdana dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Bandara Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat itu dilayani dengan menggunakan pesawat ATR 72-600.

Dikutip dari indoaviation.co.id, Direktur Safety Wings Air Capt Iyus Susianto menjelaskan, proses untuk penerbangan ke Tasikmalaya memang cukup panjang. Lebih dari setahun sampai akhirnya bisa terbang.

Banyak faktor yang menjadi kendala lamanya proses tersebut. Salah satunya adalah belum siapnya bandara di Tasikmalaya untuk operasional penerbangan sipil komerisial. Namun kemudian bandara dilengkapi dan bisa memenuhi standar operasional.

Begitu penerbangan dibuka, warga Tasikmalaya sangat antusias untuk menggunakannya. Saat penerbangan perdana itu pesawat penuh dengan 72 penumpang. Begitu juga sebaliknya.

Panjang landasan operasional Bandara Wiriadinata hanya 1.140 meter. Dengan begitu, untuk mendarat bisa dengan kapasitas penumpang penuh, tapi untuk lepas landas memerlukan landasan yang lebih panjang jika ingin dengan kapasitas penuh.

Diharapkan landasan Bandara Wiriadinata segera diperpanjang agar operasional penerbangan reguler itu bisa optimal. Tentang hal tersebut, Dirjen Perhubungan Udara meyakinkan bahwa perpanjangan landasan segera dilaksanakan.

0 komentar:

Posting Komentar