Selasa, 04 Agustus 2015

Indonesia AirAsia Pangkas Rute Penerbangan Domestik

AirAsia Pangkas Rute Penerbangan Domestik
AirAsia

Maskapai penerbangan Low Cost Carrier Indonesia AirAsia akan memangkas rute-rute penerbangan domestik yang dimilikinya hingga 30 persen dari total kapasitas. Padahal, saat ini rute penerbangan domestiknya hanya mencapai 35 persen. Dengan demikian, Indonesia AirAsia akan lebih fokus dalam mengembangkan rute-rute penerbangan internasional.

Dikutip dari indo-aviation.com, Menurut Presiden Direktur Indonesia AirAsia Sunu Widyatmoko, Hal tersebut dilakukan perusahaan karena nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat cenderung melemah. Dengan memperbanyak rute penerbangan internasional, perusahaan bisa berpeluang mendapatkan mata uang asing yang lebih banyak. 35 persen layanan penerbangan domestik itu akan diturunkan sehingga menjadi 30 persen saja.

Memperbanyak rute penerbangan internasional merupakan upaya lindung nilai (hedging) secara alamiah yang bisa dilakukan oleh Indonesia AirAsia. Dalam kondisi pelemahan rupiah seperti ini perusahaan harus mendapatkan mata uang asing lebih banyak. Memang mata uang asing relatif lebih tahan terhadap dolar daripada rupiah.

Selain itu, kondisi pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang sedang melambat juga menjadi penyebabnya. Apalagi sejak tahun lalu Kementerian Perhubungan sudah menetapkan adanya tarif batas bawah yang membuat permintaan tiket penerbangan semakin lesu.

Namun pihak Indonesia AirAsia tidak mau menyebutkan rute-rute domestik mana saja yang akan ditutup. Namun, untuk rute penerbangan internasional yang akan dibuka, Indonesia AirAsia sudah menyiapkan dua rute yaitu Surabaya-Bangkok dan Padang-Singapore.

0 komentar:

Posting Komentar