Kamis, 30 Juli 2015

Tips Bepergian dengan Banyak Maskapai Penerbangan

Bepergian dengan Banyak Maskapai Penerbangan
Bepergian
Bepergian dengan pesawat terbang merupakan salah satu alternatif perjalanan yang paling banyak dilakukan oleh sebagian orang. Hal ini karena pesawat terbang adalah sarana transportasi yang paling cepat dan efisien. Apakah anda pernah bepergian dengan pesawat terbang untuk mengunjungi lebih dari satu kota? Atau pernahkah anda pergi naik pesawat terbang dengan beberapa maskapai (multiple airlines) ke banyak kota (multiple city)? Jika anda baru pertama kali bepergian dengan cara ini, dikutip dari infopenerbangan.com, berikut tips yang perlu diperhatikan jika bepergian dengan banyak maskapai penerbangan.

Harga Hemat
Bepergian yang terpenting adalah anggaran. Maka memilih perjalanan udara juga ditentukan dengan biaya. Untuk itu, pandailah memilih penerbangan dengan harga hemat dari suatu maskapai penerbangan. Ini dapat disiasati dengan memesan (booking) jauh-jauh hari atau ketika airlines melakukan promo. Dalam hal ini, walaupun dengan harga promo, harus cermat menghitung lagi apakah sudah termasuk biaya-biaya lainnya atau masih wajib membeli kursi, bagasi, asuransi dan sebagainya.

Gaya Layanan Maskapai
Antara full service (berbiaya penuh) dan low cost carrier (berbiaya murah) memang terdapat perbedaan, terutama saat mengudara, karena pada umumnya penerbangan banyak kota lebih terasa capeknya (fatigue). Jika pelayanan istimewa, Anda di udarapun dapat menikmati berbagai hidangan makanan dan minuman, hiburan yang beragam dan sebagainya, sementara jika dengan operator murah, ada beberapa fasilitas yang dapat dibeli oleh penumpang.

Persiapkan Dokumen dan Lainnya
Agar perjalanan lebih tenang, yang terpenting kelengkapkan dokumen seperti identitas (KTP, paspor dan lainnya), dapat Anda print atau disimpan di email.

Kondisi Terbang Jauh
Persiapkan kondisi yang prima dari diri sendiri dan perlengkapan kesehatan yang disesuaikan kebutuhan pribadi. Misalnya, terbang ke banyak kota ke luar negeri berarti long haul (penerbangan jauh), jadi perbekalan harus ekstra lebih. Ada baiknya juga sebelum bepergian konsultasi dengan dokter atau pakar kesehatan, sehingga mendapatkan informasi akurat soal kesehatan.

Guide atau Agen Perjalanan
Bagi yang baru pertama kali terbang ke banyak kota, tentu cukup membingungkan, untuk itu apabila perlu bantuan guide (pemandu perjalanan) maka segera hubungi mereka. Atau jika terbang grup dengan suatu tour and travel, ikuti aturan maupun informasinya.

Pilih Grup Maskapai
Suatu maskapai terkadang tidak melayani terbang ke berbagai kota atau negara. Anda tidak perlu khawatir, karena sudah lama tersedia jaringan global dunia seperti Oneworld, Star Alliance dan SkyTeam. Keuntungannya, Anda dapat melanjutkan penerbangan di rute yang tersedia di antara anggota. Contoh, Anda ingin ke Roma, Italia dengan SkyTeam, dari Jakarta Anda dapat memilih rute Garuda Indonesia (Jakarta-Amsterdam), KLM (Amsterdam-Paris), Alitalia (Paris-Roma). Walaupun berbeda-beda maskapai, Anda sudah tenang karena sudah menjadi satu dalam itinerary.

Pilih Waktu Penerbangan
Waktu antarkota, antarnegara berbeda-beda. Oleh karena itu Anda harus teliti mengetahui jarak waktu yang ditempuh, waktu keberangkatan dan ketika tiba. Pilih juga penerbangan yang tersedia, apakah pagi, siang atau malam. Misalnya, berangkat dari Jakarta pagi apakah sampai di negara/kota tujuan siang atau malam. Ingat, di sana masih harus melanjutkan perjalanan.

Frekuensi Transit
Ada yang berpendapat transit memang memakan waktu yang banyak, ada juga yang justru menikmati waktu transit untuk istirahat, berwisata atau berbelanja walaupun sebatas singgah di airport. Sebaiknya Anda dapat mengatur waktu perjalanan Anda.

Datang Lebih Awal
Untuk mengantisipasi jarak tempuh maupun perjalanan darat menuju bandar udara, alangkah baiknya Anda datang lebih awal untuk mengurus proses perjalanan Anda.

Membawa Kamera
Agar perjalanan menjadi pengalaman yang bermakna, Anda perlu membawa video perekam dan kamera. Ini menjadi sarana untuk mengabadikan setiap momen yang menarik.

0 komentar:

Posting Komentar