Selasa, 02 September 2014

Tips Membawa Barang Saat Perjalanan Udara

Saat melakukan traveling baik untuk urusan bisnis, wisata maupun keperluan lainnya, Anda pasti membawa barang-barang bawaan. Agar pengalaman bepergian Anda menyenangkan, berikut tips untuk mengurus kebutuhan Anda.

Sesuaikan Waktu Perjalanan
Atur barang-barang kebutuhan Anda yang sesuai dengan lama perjalanan. Jangan terlalu membawa banyak atau terlalu sedikit. Perlengkapan maupun peralatan sesuaikan dengan kebutuhan Anda saat berada di tujuan.

Pilihan Tas atau Koper
Sebaiknya pilih tas atau koper sesuai dengan barang yang dibawa. Jika barang banyak, sebaiknya dengan tas yang besar. Atur seringkas mungkin, sehingga tidak perlu membawa tas terlalu banyak.

Bagasi yang Harus Dibawa
Saat memilih suatu airlines, perhatikan berapa ukuran bagasi cuma-cuma yang diberikan. Pasalnya, setiap maskapai mempunyai peraturan berbeda-beda. Misalnya, untuk pesawat jet kelas ekonomi full service 20 kg, sementara maskapai berbiaya murah ada yang memberikan 15 kg untuk kelas ekonomi, ada juga tidak memberlakukan sama sekali, artinya penumpang harus membeli bagasi.

Tas Jinjing
Selain koper, Anda wajib membawa tas jinjing yang dibawa ke kabin. Barang-barang yang dibawa tentunya lebih penting, seperti dompet, laptop, uang, handphone, dokumen-dokumen penting dan sebagainya. Ingat, jangan pula membawa barang ke kabin lebih dari dua. Menurut pantauan tim Aviasi, awak kabin akan meminta Anda untuk menurunkan barang Anda yang berlebihan ke bagasi bawah pesawat.

Menggunakan Porter
Mintalah bantuan porter (petugas yang membantu penumpang membawa barang bawaan), Anda dapat memberikan uang Rp 20.000-Rp 50.000, tentunya tergantung pada barang yang dibawa.

Saat Duduk
Anda yang kebetulan duduk paling depan (baris satu) atau di samping jendela darurat, sesuai peraturan barang Anda diletakkan di atas kabin (rak kabin) atau dipangku. Anda tidak diperkenankan meletakkan di bawah kursi Anda, karena akan mengganggu proses evakuasi jika terjadi keadaan darurat.

Tanda Khusus
Berilah tag (tanda) pada tas Anda. Hal ini untuk mengantisipasi jika tertukar dengan barang milik penumpang lain. Memiliki tagline simple, Citilink menawarkan pilihan hemat hingga 50 persen pemesanan ekstra bagasi dari bagasi cuma-cuma 15 kg.

Sumber: infopenerbangan.com

0 komentar:

Posting Komentar