Senin, 18 Januari 2016

Sistem Navigasi Indonesia Kini Lebih Canggih

Sistem Navigasi Indonesia
Sistem Navigasi
Peresmian penggunaan sistem navigasi penerbangan terbaru yang bernama Top Sky buatan Thales dilakukan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di Pusat Pengendalian Lalu Lintas Penerbangan di Makassar atau Makassar Air Traffic Service Center (MATSC).

Top Sky Navigation adalah generasi terbaru dari sistem navigasi Air Traffic Controller (ATC) yang juga telah digunakan banyak negara untuk memandu lalu lintas penerbangan dan ATC dalam memberikan layanan pemanduan pergerakan pesawat, seperti Australia, Singapura, Filipina, India, Brunei, dan Thailand.

Dikutip dari runway-aviation.com, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengungkapkan, penggunaan sistem navigasi terbaru Top Sky ini yang digunakan oleh MATSC bisa meningkatkan pengaturan navigasi penerbangan menjadi lebih baik sehingga meningkatkan keselamatan penerbangan di Indonesia.

Wilayah ruang udara atau Flight Information Region (FIR) untuk kawasan Indonesia barat berada di Jakarta (JAATS Building) dan FIR untuk kawasan Indonesia timur berada di Makassar (MATSC Building). MATSC melayani navigasi penerbangan mulai dari Semarang sampai dengan wilayah timur Indonesia seperti Papua.

Cakupan wilayah yang dilayani MTSC lebih luas daripada yang dilayani JAATS, oleh karena itu sistem navigasinya perlu ditingkatkan. Sistem Top Sky secara teknis memiliki beberapa kelebihan diantaranya memiliki flight plan format terbaru sesuai standar International Civil Aviation Organization (ICAO), Basic Air Traffic Management (ATM) System (SDPS, FDPS, Flight Trajectory Calculation, dan lain-lain).

Controller Pilot Data Link Communication berbasis IP, Electronic Strip dan ADS-B Surveillance. Sistem ini juga memiliki fungsi Operation, Simulator & Computer-Based Training, penambahan fitur perhitungan separasi untuk proseduran maupun surveillance secara longitudinal dan lateral yang lebih optimal, serta memiliki spesifikasi hardware dengan teknologi terbaru.

0 komentar:

Posting Komentar