Selasa, 26 Mei 2015

Kemampuan Runway Bandara Soekarno-Hatta Terbatas

Runway Bandara Soekarno-Hatta Terbatas
runway
Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia saat ini sudah mengoperasikan rute penerbangan Jakarta-Amsterdam secara langsung atau Direct Flight. Itu artinya pesawat Garuda Indonesia berangkat dari Jakarta langsung menuju ke Amsterdam tanpa melakukan transit di bandara atau kota lain. Namun, dalam waktu yang tidak lama lagi rute penerbangan Jakarta-Amsterdam akan diubah menjadi tidak langsung yaitu dengan satu kali transit di Singapura. Hal itu dilakukan karena landasan pacu (runway) Bandara Soekarno-Hatta Jakarta memiliki kemampuan yang terbatas, sehingga pesawat Boeing 777-300ER yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia tidak bisa membawa penumpang dan kargo secara penuh ketika terbang dari Jakarta menuju Amsterdam secara nonstop.

Menurut Direktur Operasional Garuda Indonesia Novianto Herupratomo, kemungkinan mulai Juni 2015 rute penerbangan Jakarta-Amsterdam nonstop dirubah menjadi Jakarta-Singapura-Amsterdam. Ini karena runway Bandara Soekarno-Hatta Jakarta tidak mampu menahan bobot beban maksimal pesawat Boeing 777-300ER, lengkap dengan penumpang, kargo, dan bahan bakar, untuk melayani rute penerbangan nonstop Jakarta-Amsterdam. Tentu saja kondisi ini sangat tidak menguntungkan bagi Garuda Indonesia. Kursi di pesawat yang mestinya bisa dijual malah terpaksa dikosongkan karena kemampuan landasan pacu tidak mengizinkan pesawat diisi dengan bobot maksimal.

Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta pun mengakui bahwa kemampuan runway di bandara terbesar di Indonesia itu masih terbatas. Menurut Direktur Operasional Angkasa Pura II Djoko Murjatmodjo, landasan pacu Bandara Soekarno-Hatta tidak mampu mengakomodasi pesawat berbadan lebar melayani penerbangan langsung ke Eropa. Banyak maskapai penerbangan lain yang mengoperasikan pesawat Boeing 777 di Bandara Soekarno-Hatta, tetapi tidak ada dari mereka yang menggunakan pesawat itu untuk penerbangan langsung ke Eropa.

Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan landasan pacu Bandara Soekarno-Hatta agar bisa mengakomodasi penerbangan langsung Boeing 777-300ER menuju Eropa adalah menutupinya dengan lapisan aspal dan pihak Angkasa Pura II masih melakukan penelitian tentang hal itu. Sedangkan untuk penguatan landasan pacu membutuhkan waktu yang lama sehingga tidak efektif, yang paling efektif yaitu menutupinya dengan lapisan aspal.

0 komentar:

Posting Komentar